Sabtu, 17 Mei 2008

Oh, Bisnis Selular...


Kata orang, bisnis yang paling mudah, murah, terjangkau dan prospektif adalah jualan voucher. Bener banget! Eit... tapi itu sih dulu, taon 2000an, di mana keuntungan per-voucher bisa nyampe 5000 perak. Mulai tahun 2005, keuntungan dari bisnis ini sudah mulai surut. Saking mudah dan murahnya (dalam urusan modal, cukup modal 5 juta aja sudah bisa jalan, dan ga perlu nyiapin tempat gede ), penjual voucher saat ini bak jamur di musim hujan. Siape aje bise!! Dan yang membuat tidak menguntungkan itu justru adalah mereka-mereka sendiri yang menyusul buka lapak belakangan.
Dengan dalih merekrut pelanggan, harga yang dikeluarkan oleh mereka biasanya lebih murah (biasanya selisih 500 perak) dari harga yang ditawarkan oleh konter-konter sebelumnya, padahal mereka belum tentu bisa bertahan lama dengan keuntungan yang minim itu. Cuma yang bisa berpikir inovatif dan kreatiflah yang bisa bertahan. Dan itu.... gak cukup dengan modal 5 juta doang. Perlu bakat dan keahlian yang lebih dari sekedar menjual vocer, yang gak mungkin bisa di ikutin oleh semua orang. So, untuk keluar dari 'Red Ocean' yang berdarah-darah itu, perlu strategi 'Blue Ocean'.
Tapi untuk konter yang satu ini, Ilham Cell, hal itu tidak menjadi masalah, karena di konter ini anda akan mendapatkan apa yang anda butuhkan untuk HP anda. Konter yang terletak di Jakarta Utara ini telah menjuarai Red Outlet Community 3 kali berturut-turut sejak tahun 2007, mulai dari ROC 4 sampai dengan ROC 6. Dan untuk tahun ini akan menerima kembali gelar juara I best sales se Jakarta Utara yang akan diumumkan pada tanggal 10 November 2008 di Mangga Dua Square Jakarta. Konter yang bernama Ilham Cell ini berhasil mengumpulkan poin penjualan perdana sebanyak 200 ribu lebih sampai dengan akhir bulan oktober 2008 ini.
So....? vocer murah? Siapa takut?



0 komentar: